Tugas 6 APSI (D) 2023 - Farhan Dwi Putra (5025211093)

 Analisa Use Case

Definisi

Use case (kasus penggunaan) adalah sebuah metode dalam rekayasa perangkat lunak yang digunakan untuk menggambarkan bagaimana sistem perangkat lunak berinteraksi dengan aktor-aktor yang terlibat dalam penggunaannya, baik itu pengguna maupun sistem lainnya. Lebih rinci lagi, use case menggambarkan situasi atau skenario tertentu di mana pengguna atau sistem lain menggunakan sistem perangkat lunak untuk mencapai tujuan yang spesifik. Use case dapat digunakan sebagai panduan dalam pembangunan dan pengujian sistem perangkat lunak, serta sebagai alat komunikasi antara pengembang dan pihak-pihak yang berkepentingan untuk memahami fungsionalitas dan kebutuhan sistem yang akan dikembangkan.

Implementasi

  1. Use Case: Melakukan Pembayaran

    • Aktor: Pengguna
    • Deskripsi: Pengguna menggunakan aplikasi untuk melakukan pembayaran atas produk atau layanan yang dipilih.
  2. Langkah-langkah Implementasi: a. Pengguna membuka aplikasi pembayaran. b. Aplikasi menampilkan halaman utama dengan berbagai pilihan produk atau layanan yang tersedia. c. Pengguna memilih produk atau layanan yang ingin dibeli. d. Aplikasi menampilkan detail produk atau layanan beserta harga. e. Pengguna memasukkan jumlah atau kuantitas yang akan dibeli. f. Aplikasi menghitung total pembayaran berdasarkan jumlah dan harga produk atau layanan. g. Pengguna memilih metode pembayaran yang diinginkan, misalnya kartu kredit, transfer bank, atau dompet digital. h. Aplikasi menampilkan formulir pembayaran sesuai dengan metode yang dipilih. i. Pengguna memasukkan informasi pembayaran yang diperlukan, seperti nomor kartu kredit atau nomor rekening bank. j. Aplikasi melakukan proses verifikasi pembayaran. k. Jika pembayaran berhasil, aplikasi menampilkan konfirmasi pembayaran sukses dan mengirimkan notifikasi kepada pengguna. l. Jika pembayaran gagal, aplikasi menampilkan pesan kesalahan dan meminta pengguna untuk mencoba lagi atau memilih metode pembayaran lain. m. Pengguna dapat melihat riwayat pembayaran atau mencetak bukti pembayaran jika diperlukan.

  3. Hubungan:

    • Aplikasi berperan sebagai antarmuka antara pengguna dan proses pembayaran.
    • Informasi yang dimasukkan oleh pengguna dikirimkan ke sistem pembayaran untuk diproses.
    • Sistem pembayaran melakukan verifikasi dan pemrosesan transaksi pembayaran.
    • Aplikasi memberikan respons kepada pengguna berdasarkan hasil pembayaran.

Implementasi ini merupakan contoh umum dari Use Case "Pembayaran" pada sebuah aplikasi. Detail implementasi dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan fitur yang ada pada aplikasi pembayaran yang sebenarnya.

Diagram



Comments

Popular posts from this blog

EAS APSI (D) 2023 - Farhan Dwi Putra (5025211093)

Tugas 3 APSI (D) 2023 - Farhan Dwi Putra (5025211093)